Persiapan Membuka Usaha Jasa Service AC

Kebutuhan masyarakat terhadap Air Conditioner (AC) yang kian hari meningkat menjadikan penjualannya pun ikut meningkat. Hal ini dimanfaatkan sebagian orang untuk membuat lapangan kerja baru dengan membuka usaha jasa service AC. Namun membuka usaha baru tidak semusah membalikkan telapak tangan. Sama halnya dengan membuka usaha lainnya, usaha jasa service AC pun perlu perencanaan yang matang.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha jasa service AC, diantaranya ialah:
1. Analisa Lokasi Area
Analisa lokasi diperlukan sebelum kalian hendak membuka usaha jasa service AC. AC merupakan mesin pendingin untuk menurunkan suhu ruangan, tentu kebanyakan yang memakai adalah orang-orang yang tinggal di suatu perkotaan yang padat penduduk dan suhu pada daerah tersebut tropis atau panas. Pilihlah daerah yang padat penduduk dan sebagian banyak penduduknya pengguna AC, dan tentu saja di daerah tersebut minim pelayanan jasa service AC sehingga memudahkan akan untuk bersaing dan mendapat pelanggan.

2. Mendirikan Tempat Usaha
Setelah analisa dilakukan dan menemukan daerah yang cocok untuk membuka layanan service AC, langkah selanjutnya adalah mendirikan usaha tersebut. Usahakan mendirikan usaha di tempat sekitaran komplek perumahan, ruko-ruko, perkantoran dan pusat perbelanjaan. Namun perlu digaris bawahi bahwa usaha inu menghampiri konsumen.

3. Menyiapkan Peralatan
Hal yang penting jika anda ingin membuka usaha jasa service AC adalah mempersiapkan peralatan yang nantinya akan anda gunakan untuk memperbaiki AC konsumen. Peralatan yang dimaksud tersebut seperti Motor steam komplit dengan selang, plastik, dan bak atau ember. Juga tak kalah penting, ada peralatan standar yang lazim dan harus anda miliki seperti obeng, kunci inggris, manifold, clamp meter (tang ampere), dan gas refrigerant / freon.

4. Menyiapkan nomer kontak
Hal simpel ini merupakan hal krusial yang wajib anda siaokan. Anda harus menyiapkaa sebuah handphone dengan no kontak yang aktif 24 jam. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa layanan service AC itu datang ke tempat konsumen, bukan konsumen yang menghampiri.

5. Cari Agen Sparepart Terpercaya
Langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari agen sparepart AC yang tepat dan terpercaya. Hal ini diperlukan agar sparepart yang anda jual benar-benar orisinil dan bukan bodong dan sangat berkaitan akan kualitas produk yang Anda jual. Semakin baik produk onderdil Anda, semakin banyak pula orang yang percaya keunggulan produk Anda. Semakin orang percaya maka semakin banyak pula orang yang tergiur dengan sparepart yang Anda jual.

6. Lakukan Promosi
Setelah semua persiapan diatas dilakukan, hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah melakukan promosi. Hal ini merupakan hal terpenting yang harus dilakukan guna menarik pelanggan, dan memberitahukan kepada khalayak banyak tentang usaha jasa service AC anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *